RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Matapelajaran : Bahasa Indonesia
Jenjang : SMA
Kelas/Semester : X/1
Alokasi
waktu : 2 x 45 Menit
A.
Aspek
Kemampuan berbahasa
B.
Subaspek
Menulis
C.
Standar
Kompetensi
Mengungkapkan pikiran,
dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi
D.
Kompetensi
Dasar
Menulis puisi lama
dengan memperhatikan bait, irama dan rima
E.
Indikator
a. Mengidentifikasi
konsep puisi untuk menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama dan rima.
b. Mengidentifikasi
ciri-ciri dan jenis puisi lama, serta struktur puisi.
c. Mengidentifikasi
bait, irama, dan rima dalam contoh pantun.
d. Menuliskan
pantun yang berisi nasihat dengan memperhatikan bait, irama, dan rima secara
individu.
F.
Tujuan
Pembelajaran
a. Siswa
mampu mengidentifikasi definisi puisi.
b. Siswa
mampu mengidentifikasi ciri-ciri dan jenis puisi lama, serta struktur puisi
c. Siswa
mampu mengidentifikasi bait, irama, dan rima dalam contoh pantun.
d. Siswa
mampu menuliskan pantun yang berisi nasihat dengan memperhatikan bait, irama,
dan rima secara individu.
G.
Materi
Pokok
Definisi, ciri-ciri,
jenis puisi lama, dan struktur puisi.
H.
Skenario
Pembelajaran
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
|
1
|
Pendahuluan
1. Guru
bertanya jawab dengan siswa tentang pengalaman menulis puisi serta skemata
siswa tentang definisi, ciri-ciri, jenis puisi lama, dan struktur puisi.
2. Guru
meminta siswa untuk membetuk kelompok, masing-masing 2 orang.
3. Guru
memberikan contoh puisi lama berupa pantun nasihat. Siswa diminta untuk mengidentifikasi
contoh pantun dan mendiskusikan dengan teman sebangkunya tentang bait, rima,
dan irama.
4. Guru
meminta siswa untuk menuliskan hasil diskusinya diselembar kertas dan
membahasnya secara bersama-sama.
5. Guru
memberikan pengukuhan tentang definisi, ciri-ciri, jenis puisi lama, dan struktur
puisi.
|
1
x 30 menit
|
Brainstorming
Learning
community
Modeling, learning community,
inkuiri
Inkuiri
Penguatan
|
2
|
Inti
1. Guru
membagikan selembar kertas kepada setiap siswa.
2. Guru
meminta siswa membuat pantun yang berisi nasihat dengan memperhatikan bait,
irama, dan rima secara individu.
3. Guru
meminta siswa untuk membacakan pantun yang telah dibuat siswa di depan kelas.
|
1
x 45 menit
|
Penugasan
Penugasan
|
3
|
Penutup
1. Guru
merefleksi dan menyimpulkan tentang hal yang didapatkan, dirasakan, dan
dialami siswa dalam pembelajaran.
2. Guru
merefleksi tentang proses dan kinerja siswa selama kegiatan menulis.
|
1
x 15 menit
|
Refleksi
|
I.
Media
Contoh pantun, kertas
hvs, Power Point, Microsoft Producer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar