Rabu, 03 April 2013

PEMANFAATAN MEDIA MICROSOFT PRODUCER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KOMPETENSI DASAR MENUNIS PUISI LAMA DENGAN MEMPERHATIKAN BAIT, IRAMA DAN RIMA


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Matapelajaran              : Bahasa Indonesia
Jenjang                        : SMA
Kelas/Semester            : X/1
Alokasi waktu             : 2 x 45 Menit

A.    Aspek
Kemampuan berbahasa

B.     Subaspek
Menulis

C.    Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi

D.    Kompetensi Dasar
Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama dan rima

E.     Indikator
a.       Mengidentifikasi konsep puisi untuk menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama dan rima.
b.      Mengidentifikasi ciri-ciri dan jenis puisi lama, serta struktur puisi.
c.       Mengidentifikasi bait, irama, dan rima dalam contoh pantun.
d.      Menuliskan pantun yang berisi nasihat dengan memperhatikan bait, irama, dan rima secara individu.

F.     Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa mampu mengidentifikasi definisi puisi.
b.      Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri dan jenis puisi lama, serta struktur puisi
c.       Siswa mampu mengidentifikasi bait, irama, dan rima dalam contoh pantun.
d.      Siswa mampu menuliskan pantun yang berisi nasihat dengan memperhatikan bait, irama, dan rima secara individu.

G.    Materi Pokok
Definisi, ciri-ciri, jenis puisi lama, dan struktur puisi.

H.    Skenario Pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
METODE
1
Pendahuluan
1.      Guru bertanya jawab dengan siswa tentang pengalaman menulis puisi serta skemata siswa tentang definisi, ciri-ciri, jenis puisi lama, dan struktur puisi.
2.      Guru meminta siswa untuk membetuk kelompok, masing-masing 2 orang.
3.      Guru memberikan contoh puisi lama berupa pantun nasihat. Siswa diminta untuk mengidentifikasi contoh pantun dan mendiskusikan dengan teman sebangkunya tentang bait, rima, dan irama.
4.      Guru meminta siswa untuk menuliskan hasil diskusinya diselembar kertas dan membahasnya secara bersama-sama.
5.      Guru memberikan pengukuhan tentang definisi, ciri-ciri, jenis puisi lama, dan struktur puisi.








1 x 30 menit



Brainstorming




Learning community


Modeling, learning community, inkuiri



Inkuiri


Penguatan
2
Inti
1.      Guru membagikan selembar kertas kepada setiap siswa.
2.      Guru meminta siswa membuat pantun yang berisi nasihat dengan memperhatikan bait, irama, dan rima secara individu.
3.      Guru meminta siswa untuk membacakan pantun yang telah dibuat siswa di depan kelas.




1 x 45 menit



Penugasan


Penugasan
3
Penutup
1.      Guru merefleksi dan menyimpulkan tentang hal yang didapatkan, dirasakan, dan dialami siswa dalam pembelajaran.
2.      Guru merefleksi tentang proses dan kinerja siswa selama kegiatan menulis.




1 x 15 menit



Refleksi

I.       Media
Contoh pantun, kertas hvs, Power Point, Microsoft Producer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar