Sabtu, 04 Mei 2013

PSIKOLINGUISTIK UMUM, BAHASA DAN BERBAHASA



Psikolinguistik berasal dari kata Psikologi dan kata Linguistik yang keduanya merupakan dua ilmu berbeda, tetapi dipadukan menjadi satu-kesatuan yang disebut Psikolinguistik. Psikologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan (perilaku berbahasa), sedangkan linguistik yaitu ilmu yang mempelajari  tentang struktur bahasa. Jadi, psikolinguistik yaitu ilmu yang mencoba menguraikan proses-proses psikologi yang berlangsung apabila seseorang mengucapkan kalimat-kalimat yang didengarnya pada waktu berkomunikasi, dan pemerolehannya. Psikolinguistik umum diantaranya akan membahas tentang hakikat bahasa, fungsi bahasa dan proses berbahasa pada orang dewasa karena menyangkut persepsi orang dewasa tentang bahasa dan bagaimana bahasa diproduksi.
1.      HAKIKAT BAHASA
Bahasa yaitu alat untuk berkomunikasi antara individu satu dengan individu lain untuk berinteraksi sosial. Menurut Bloch dan Trater dalam Teori dan Penerapan Wacana Bahasa Indonesia (2000:2) memberikan definisi bahasa yaitu Language is a system of arbitrary vocal symbols yang artinya bahasa adalah sebuah system lambang-lambang vocal yang bersifat arbitrer. Sependapat dengan Bloch dan Trater, Chaer (2009:30) mengungkapkan bahwa bahasa sebagai satu system lambang bunyi yang bersifat arbitrer. i
Jadi, definisi bahasa diatas ada empat aspek yaitu bahasa sebagai sistem (keteraturan dalam  pemakai bahasa), lambang, vokal atau bunyi, dan arbitrer (sewenang-wenang atau mana suka, bergantung pemakai bahasa itu sendiri).
2.      FUNGSI BAHASA
Secara umum, bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi, identitas suatu negara, alat untuk berinteraksi sosial, dan sebagainya. Fonocchinario mengelompokkan fungsi bahasa menjadi lima bagian, yaitu:
a.       Personal (kemampuan pembicaranya)
b.      Interpersonal (menjalin hubungan dalam sosial masyarakat)
c.       Direktif (mengajukan sesuatu, contoh: saran)
d.      Referensial (kemampuan untuk menulis dan berbicara)
e.       Imajinatif (menyusun sajak,cerita, dan lain-lain)
                                                                                                                       
3.      ASAL-USUL BAHASA
Bahasa memang tidak tercipta dengan sendirinya, melainkan disebabkan oleh suatu kondisi yang menurut para pakar memiliki banyak perbedaan dan alasan.
4.      STRUKTUR BAHASA
a.       Bidang sintaksis (struktur kalimat)
b.      Bidang semantik (hubungan bahasa dengan makna)
c.       Bidang fonologi (bunyi-bunyi bahasa)
d.      Bidang morfologi (kata dalam bahasa)
5.      PROSES BAHASA
Ada dua proses dalam bahasa, proses produktif berlangsung pada diri pembicara yang menghasilkan kode-kode bahasa yang bermakna dan berguna, serta proses reseptif berlangsung pada diri pendengar yang menerima kode-kode bahasa yang bermakna dan berguna yang disampaikan oleh pembicara melalui alat-alat artikulasi dan diterima melalui alat-alat pendengar.

DAFTAR PERTANYAAN
1.      Apa manfaat yang dapat kita peroleh setelah mempelajari psiolinguistik?
2.      Apa kelebihan bahasa sebagai alat komunikasi manusia dibandingkan dengan alat komunikasi yang dimiliki oleh hewan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar